Menikmati makanan di restoran mahal memang terlihat mewah, namun apakah rasanya selalu sesuai dengan selera anda? Belum tentu kan? Dalam menyantap kuliner sebenarnya tidak perlu memikirkan prestige. Tempat bukanlah satu-satunya indikasi untuk mendapatkan makanan enak. Kuliner kaki lima misalnya, meskipun dijual dipinggir jalan, tetapi rasa yang ditawarkan tidak kalah dengan resto kelas atas. Anda pasti sudah memiliki kuliner favorit kaki lima kan? Dengan harga yang relatif terjangkau, perut dan lidah anda sudah bisa terpuaskan.

Nasi Goreng

Pada dasarnya, nasi goreng memiliki komposisi yang sangat sederhana. Bagaimana tidak, kuliner ini hanya terdiri dari nasi yang digoreng dan di campur dengan bumbu seperti bawang putih dan garam. Namun rasa nya itu lho tidak ada tandingannya. Bahkan hanya mencium baunnya saja bisa membuat kita lapar. Tidak heran kalau kuliner kaki lima ini digandrungi banyak orang termasuk turis mancanegara. Banyak dari mereka yang jatuh cinta dengan rasa nikmat nasi goreng. Seiring berjalannya waktu, pelengkap nasi goreng bukan hanya telur dan ayam goreng saja. Ada banyak sekali variasi – variasi baru dan rasa nya juga semakin beragam seperti nasi goreng seafood, nasi goreng merah, hingga nasi goreng hot plate.

Pangsit Mie & Bakso

Apalagi nih kuliner kaki lima yang sering anda jumpai di jalan? Pangsit mie & bakso berada di urutan kedua setelah nasi goreng. Menyantap mie terasa sangat kurang kan jika tidak ada pelengkapnya? Pangsit dan bakso adalah dua pendamping yang sangat khas. Coba bayangkan betapa renyahnya pangsit dan lezatnya bakso. Namun semakin hari, semakin banyak saja inovasinya seperti telur puyuh dan ceker. Beuh nikmat banget deh pokoknya dengan harga yang masih terjangkau.

Sate

Sate merupakan kuliner kaki lima yang selalu menjadi idola khususnya di malam hari. Potongan daging yang ditusuk kemudian dibakar ini memiliki rasa yang gurih. Apalagi saat dilumuri dengan saos kacang yang khas, semakin sedap saja. Bukan hanya sate ayam yang bisa anda nikmati karena masih ada sate kambing. Untuk yang lebih modern seperti sate taichan, kini anda juga bisa mendapatkannya di pinggir jalan. Sudah ada banyak pedagang sate kaki lima yang menawarkan sate taichan. Jadi, tidak usah bingung lagi deh jika ingin mengajak teman yang memiliki sate favorit yang berbeda.

Tahu Tek

Bagi penggemar sajian lontong, pasti tahu tek menjadi salah satu kuliner kaki lima favorit. Di Indonesia sebenarnya banyak sekali variasi menu lontong dengan nama yang berbeda di tiap kota. Tahu tek ini adalah salah satu yang sangat khas. Dari namanya memang terdengar unik yaitu tek tek. Konon katanya sebutan ini berasal dari suara saat menggunting tahu. Kemudian tercetuslah kuliner ala kaki lima ini. Keuinikan rasa dari saus petis semakin menggoyang lidah ketika disantap hangat hangat. Apalagi dengan porsi yang banyak dan tentunya mengenyangkan.

Martabak & Terang Bulan

Setelah sebelumnya membahas tentang kuliner sebagai menu utama, sekarang giliran yang biasanya menjadi camilan. Siapa yang tidak suka dengan martabak dan terang bulan? Walaupun memiliki dua rasa yang bertolak belakang, namun kedua kuiner kaki lima ini tidak bisa dipisahkan. Team manakah anda? Asin atau manis? Dua-dua nya sangatlah menggoda apalagi dengan isian atau topping yang sesuai dengan keinginan kita.

Roti Bakar

Untuk kuliner kaki lima yang terakhir, roti bakar menjadi andalan yang selalu dicari banyak orang. Roti memang mengandung karbohidrat seperti nasi. Tetapi orang Indonesia memang unik, apa saja bisa menjadi camilan seperti roti bakar ini. Jika anda melintasi jalanan di malam hari, pasti anda menjumpai banyak gerobak yang menjajakan kuliner ini. Dengan harga yang sangat terjangkau, anda sudah bisa menikmati roti rasa rasa bertopping yang ukurannya lumayan besar.