Minuman Teh Paling Populer di Tiongkok

Negeri Tiongkok memang terkenal dengan hal hal yang berbau herbal seperti halnya minuman. Selain untuk pelepas dahaga, pastinya memiliki khasiat nya tersendiri. Jika anda berkesempatan untuk mengunjungi negara ini, jangan lupa ya mencoba minuman teh  paling populer nya. Walaupun ada yang bisa anda dapatkan di negara sendiri seperti ketika anda datang ke resto Chinese food. Menikmati makanannya seperti dimsum enak atau Kwetiau goreng kurang lengkap tanpa minuman yang khas juga. Mau tahu kan minuman teh yang terkenal di Tiongkok? Yuk lihat dibawah ini.

Teh Wang Lao Ji

Mungkin anda bosan menikmati minuman yang sangat modern. Selain harganya lebih mahal, komposisi nya pun tidak terlalu bagus untuk kesehatan karena mengandung banyak gula. Oleh karena itu, sangat perlu mengkonsumsi minuman herbal. Teh Wang Lao Ji adalah minuman teh paling populer yang cocok untuk pendamping makanan pedas. Mungkin kandungan herbal nya yang menyegarkan. Konon katanya sih mengandung bahan obat tradisional. Bagi yang merasa badannya kurang fit, bisa banget mencobanya.

Teh Krisan

Minuman teh paling populer selanjutnya adalah teh krisan. Seperti namanya, teh ini terbuat dari bunga krisan. Sudah jelas dong jika ini adalah minuman herbal. Aroma yang khas dari bunga krisan menjadi ciri khasnya. Banyak yang mengkonsumsi minum ini karena manfaatnya yang bagus. Meredakan flu dan gangguan saraf otak adalah contoh yang bisa anda dapatkan dari teh krisan. Bisa dijadikan minuman hangat atau dingin yang menyegarkan.

Teh Susu

Teh susu atau milk tea adalah contoh selanjutnya dari minuman teh paling populer di Tiongkok. Pilihan yang satu ini cocok bagi yang suka dengan varian teh susu. Tampilannya sih seperti minuman populer yang diganderungi banyak orang. Namun ternyata di Tiongkok juga tak kalah tenarnya lho. Biasanya variasi yang bisa anda temukan adalah yang berisi bubble yaitu yang berbentuk bulat dan bertekstur kenyal. Ini adalah minuman yang lebih modern daripada pilhan sebelumnya. Patut deh untuk dicoba ketika anda mengunjungi Tiongkok di musim panas atau musim dingin.…

Dimsum Enak Penggugah Selera untuk Dicoba

Jika bosan dengan kuliner goreng, mungkin mengukusnya bisa lebih membuat selera. Selain kue kukus, masih ada lho dimsum enak yang cocok untuk kudapan. Bahkan sangat bermanfaat untuk dijadikan menu diet murah. Kuliner kukus ini memang identik dengan Chinese food. Jika anda mengunjungi resto Chinese food, pasti menjumpai beberapa makanan selingan seperti dibawah ini.

Shumai

Dimsum adalah pilihan makanan steam enak penggugah selera. Dengan penyajian yang unik yaitu diletakkan di steamer bamboo, kuliner ini cocok untuk santapan segala waktu. Sarapan atau makan malam, sangat nikmat deh menikmati dimsum hangat. Banyak lho variannya seperti yang pertama ini yaitu shumai. Dari tampilannya sih terlihat seperti siomai. Isiannya juga tidak terlalu berbeda yaitu udang atau ayam. Biasanya kuliner dimsum enak ini ditawarkan di resto yang menawarkan menu mie.

Ceker Ayam

Yang tidak terlalu asing di telinga kita, ada menu dimsum yang biasanya sering kita konsumsi yaitu ceker ayam. Dari tampilannya, terlihat seperti ceker pedas karena berwarna merah. Namun rasa yang diciptakan dari dimsum enak ini adalah perpaduan antara rasa gurih dan manis. Apalagi dengan tekstur yang sangat empuk, dijamin bikin ketagihan deh. Hanya dengan porsi yang sedikit, tak bisa membuat lidah untuk tambah lagi dan lagi.

Tofu Skin Roll

Kulit tahu gulung atau tofu skin roll menjadi pilihan selanjutnya untuk dimsum enak penggugah selera. Meski sangat sederhana yaitu gulungan kulit tahu dan isian seperti udang dan ayam, namun sangat menggoda. Bagi yang bosan makan tahu goreng crispy, bisa banget nih mencoba kuliner ini. Selain nikmat, juga sangat aman untuk tubuh.

Kaicak

Pernah kah anda mendengar kaicak? Sebenarnya dimsum enak yang satu ini bentuknya hampir mirip dengan tofu skin roll yaitu memanjang. Namun kaicak atau lumpia kulit tahu steam ini dipadukan dengan jamur, sayuran, hingga daging babi. Di beberapa resto di Indonesia membuatnya fushion dengan isian ayam dan jamur. Jadi ini bisa dijadikan makanan sehat yang di steam. Tak bakal bikin gendut deh ngemil kaicak ini. Coba deh.…

Kuliner Lezat yang Cocok di Musim Hujan

Cuaca memang sangat mempengaruhi mood selera makan. Bagaimana tidak, hawa yang dingin membuat perut keroncongan. Menyantap kuliner hangat atau berkuah pastinya sangat nikmat. Tak usah repot-repot mengeluarkan uang banyak untuk menyantap yang mahal-mahal di Restoran. Cukup dengan kuliner lezat harga terjangkau, anda sudah bisa memuaskan lidah. Mungkin anda sudah memiliki favorit dari beberapa makanan lezat musim hujan di bawah ini.

Bakso

Bakso merupakan kuliner merakyat yang sangat cocok di musim hujan. Dengan kuah kaldu hangat dan nikmat, tak ada yang bisa menolak kuliner lezat ini. Apakah anda salah satu yang suka jajan bakso? Pasti setuju jika kuliner ini sangat tepat di konsumsi di saat musim hujan. Malang adalah salah satu kota yang menawarkan bakso enak. Bisa dikatakan jika kuliner Malang ini sangat digemari semua kalangan. Jika anda sempat mampir ke kota apel ini, jangan lupa mencobanya ya. Banyak varian bakso hingga pelengkapnya seperti kreasi dari tahu dan gorengan. Apalagi yang dijual keliling atau kaki lima, sangat terjangkau deh harganya.

Soto

Entah itu soto ayam atau daging, menyantap kuliner lezat yang memiliki kuah kuning ini sangat cocok di musim dingin. Sebenarnya banyak sekali macam soto disetiap kota di Indonesia. Mungkin anda sudah familiar dengan soto  lamongan, soto betawi, atau soto banjar. Yup beberapa contoh ini adalah yang paling terkenal. Namun ternyata isiannya tak sama di tempat satu dengan yang lainnya. Ada yang memakai hanya daging saja atau bahkan dengan sayuran seperti tomat dan kentang. Mana favorit anda?

Sop Ayam

Musim dingin memang tak bisa dipisahkan dengan makanan berkuah. Sama seperti kuliner sebelumnya, sop ayam juga menjadi hidangan yang lezat dan hangat untuk disantap. Namun bukan hanya yang dikombinasikan dengan sayur seperti wortel dan kubis saja ya, melainkan yang hanya menggunakan daging ayam. Sudah bosan kan makan sop ayam dengan komposisi yang sama? Cobain deh yang tanpa menggunakan sayuran. Apalagi jika ayam nya adalah ayam kampung.

Rawon

Masih saudaraan dengan soto, rawon tak kalah legendarisnya. Kuliner lezat ini memiliki ciri khas kuah hitam dengan aroma yang sangat menggoda. Mungkin karena dari rempah-rempah termasuk kluwek. Bagi yang tinggal di Jawa Timur, pasti suka sekali dengan kuliner yang satu ini. Kecuali yang memang tidak menyukai daging. Sungguh sayang karena seporsi rawon hangat yang dicampur dengan kecambah rasanya semakin sedap. Bahkan ada juga yang menciptakan inovasi seperti rawon setan yang terkenal akan rasa pedasnya.…

Minuman Tradisional Pelepas Dahaga Menyegarkan

Berbicara tentang kuliner jaman dahulu, makanan apa sih yang susah untuk dilupakan? Sate telur dan rambut nenek sepertinya jajanan masa kecil yang selalu ngangenin. Bagaimana dengan minumannya? Pada saat itu mungkin yang bisa kita temukan adalah minuman tradisional. Namun sebenarnya jika dilihat dari sisi bahan bakunya lebih aman daripada yang dijual saat ini. Dulu penggunaan bahan alami sangat terasa dibandingkan rasa-rasa yang tidak tidak bersahabat dengan tenggorokan.  Yuk flashback lagi dengan beberapa minuman segar tradisional di bawah ini.

Es Dawet

Berasal dari kota Jepara, Es dawet adalah salah satu minuman tradisional yang sangat menyegarkan. Bukan hanya cocok untuk orang dewasa lho, es ini juga aman untuk anak anak juga asalkan memang berbahan baku alami. Perpaduan warna yang sangat menarik yaitu hijau, putih dan coklat tidak hanya memuaskan mata namun juga dahaga. Apalagi setelah diaduk dan bercampur menjadi satu, gula merah dan santannya berpadu sempurna. Meskipun sangat terjangkau, namun rasanya tidak bisa terkalahkan dengan minuman yang baru muncul saat ini.

Es Goyobod

Dengan tampilan mirip es campur, Es Goyobod bisa menjadi teman anda disaat sedang panas-panasnya.  Bagi yang bukan berasal dari Jawa Barat, nama goyobod ini pasti terdengar unik. Jika diartikan, kata ini memiliki arti basah kuyub. Mungkin karena sebelum es ini disajikan disiram dulu dengan es serut. Untuk komposisi lengkapnya, Es goyobod terdiri dari santan, gula cair, dan hunkwe. Rasanya itu lho dingin menyegarkan.

Es Tape

Yang ingin menikmati sensasi dan rasa berbeda, ada satu minuman tradisional yaitu es tape. Kuliner yang terbuat dari fermentasi singkong ini memiliki rasa asam manis yang unik. Konon katanya jika kita terlalu banyak mengkonsumsinya bisa memberi efek seperti mabuk lho. Tapi jangan khawatir ya, anda masih bisa mengeremnya kok. Pastikan anda tidak berlebihan mengkonsumsinya. Biasanya es ini dicampur dengan susu kental manis yang membuatnya semakin nikmat. Apabila sudah jarang menemukannya, anda bisa membuatnya sendiri lho dengan sangat mudah.

Es Doger

Es Doger atau dorong gerobak  juga bisa dijadikan minuman tradisional favorit. Jika dari asal usulnya, ada yang mengatakan bahwa minuman enak tradisional ini berasal dari Jakarta dan ada pula yang mengatakan jika es doger asli dari Bandung. Terlepas dari itu, es ini sangat pas jika dinikmati di siang hari atau setelah lelah beraktifitas. Isian dari es doger ini adalah parutan kelapa, tape, alpukat, ketan hitam, susu, dan lainnya. Sudah terbayang kan betapa meriahnya? Dijamin dahaga hilang atau justru perut anda menjadi kenyang.

Es Puter

Minuman tradisional selanjutnya yang dulu dieluh eluhkan banyak pelanggannya adalah es puter. Namun keberadaannya saat ini sudah sangat jarang. Yang lebih banyak dijajakan adalah ice cream atau gelato. Padahal jika dari segi rasa, es puter lebih gurih karena berbahan dasar dari santan. Cara membuatnya pun juga perlu usaha lebih karena tanpa menggunakan mesin. Anda bisa membayangkan sendiri kan bagaimana ironisnya jika dibandingkan ice cream yang sangat mudah dibuat menggunakan alat. Jadi, sempatkanlah diri untuk mencoba jika di jalan menemukannya. Rasa nya itu lho ngangenin dengan potongan roti tawar, puding dan sagu mutiara. Semakin mantap lagi dengan tambahan topping dan susu.…

Jajanan Masa Kecil yang Bikin Kangen

Bagi Baby Boomers dan Generasi X yang lahir sekitar tahun 80 hingga 90-an, pasti rindu dengan jajanan masa kecil. Sangat berbeda dengan anak millennial masa kini yang jarang mengenal kuliner jadul. Mereka cenderung membeli makanan atau minuman yang sedang hits dan terkini. Menemukannya pun sangat mudah daripada yang lebih tradisional. Artikel ini akan mengajak anda untuk bernostalgia dengan camilan masa kecil. Ingat ingat lagi deh apa saja yang dulu sering anda nikmati.

Kue Rangin

Kue Rangin atau Kue Pancong mungkin adalah salah satu jajanan masa kecil yang anda sukai. Kuliner ini dulunya sering dijajakan di depan sekolah. Pasti ingat kan jaman dulu sepulang sekolah? Banyak pedagang yang berjejeran menjajakan jajanan termasuk kue ini. Yang paling unik dari kuliner ini adalah cara memasaknya. Adonannya diletakkan dicetakan dengan jumlah banyak dan berbentuk seperti balok. Bahan dasar dari Kue Rangin ini adalah kelapa muda, tepung beras, dan garam. Tak heran sih jika rasa yang dihasilkan sangat gurih.

Rambut Nenek

Dengan ciri khas warna warni, rambut nenek menjadi jajanan masa kecil kedua yang ngangenin. Eits, ini bukan beasal dari rambut sesungguhnya ya. Kata rambut ini diambil dari bentuk gulali kering yang berwarna putih layaknya rambut nenek. Jajanan enak masa kecil ini memang tak lekang oleh waktu. Di jaman sekarang orang menyebutnya arbanat. Karena rasanya yang manis, rambut nenek masih disukai anak anak kecil hingga saa ini.

Sate Telur

Jajanan masa kecil jaman dahulu memang lebih sederhana. Sate telur misalnya, meskipun terbuat dari adonan telur, tepung, dan bumbu saja, namun rasanya nikmat. Tidak heran kalo membeli dalam jumlah banyak karena sangking nagihnya. Jajanan favorit ketika kita masih SD ini memiliki banyak penggemar hingga kini. Masih banyak orang dewasa yang mengkonsumsi Sate Telur. Apalagi harganya juga masih sangat murah meriah. Membeli 5 ribu atau 10 ribu masih terasa kurang deh.

Leker

Leker menjadi jajanan masa kecil melegenda yang bikin susah move on. Rasa renyah dengan berbagai macam rasa membuat kita jatuh hati. Jika di jaman now mungkin orang  lebih mengenal crepes. Serupa sih sebenarnya dengan leker, namun  jika dilihat dari cara pembuatannya ternyata berbeda. Leker diletakkan di tempat yang cembung sedangkan crepes di letakkan di wajan datar. Teksturnya yang tipker alias tipis kering lah yang membuat leker nikmat. Apalagi diisi dengan coklat messes atau keju.

Es Gabus

Beralih dari makanan, masih ingat kah anda dengan es unik bernama es gabus? Dengan warna yang menarik, es ini sangat digemari oleh anak anak. Apalagi cara memakannya yang harus dihisap terlebih dahulu. Bagi yang tidak terlalu suka dengan yang manis, es gabus sangat cocok untuk anda.

Es Serut

Tidak kalah mantapnya, Es serut juga menjadi jajanan masa kecil legendaris. Minuman yang terbuat dari es serut ini memiliki rasa yang manis. Untuk menarik perhatian, sang penjual menggunakan sirup yang berwarna warni. Ada warna hijau yang memiliki rasa pandan atau melon, dan merah yaitu dengan rasa stroberi. Nyegerin deh pokoknya.…

Kuliner Jadul Berkuah yang masih Bertahan

Kuliner jaman dahulu memang tidak terlalu bervariasi seperti sekarang ini. Meskipun berbahan baku tradisional, namun rasa nya sangat unik. Mungkin inilah alasan mengapa kuliner jadul masih digemari oleh beberapa orang. Tetapi jika berbicara tentang jumlah penjualnya, kini sudah jarang yang mau menjajakan kuliner jaman dulu. Oleh karena itu, jangan hanya excited dengan makanan kekinian saja ya. Kita juga harus melestarikan kuliner enak jadul agar bisa dinikmati oleh generasi-generasi selanjutnya.

Tahwa

Kembang tahu atau yang sering disebut dengan tahwa adalah salah satu kuliner legendaris jadul yang masih bertahan hingga kini. Olahan dari sari kacang kedelai yang dibekukan ini sebenarnya adalah camilan khas dari Tionghoa. Namun karena disebar luaskan di Indonesia, anda bisa menemuinya hampir di semua kota. Kenikmatan dari tahwa ini berasal dari teksturnya yang lembut dan kuah jahe yang hangat. Sangat berbeda kan dari kuliner tahu pada umumnya yang dijadikan lauk goreng dan rebus?

Selendang Mayang

Kuliner jadul berkuah selanjutnya yang harus tetap dilesatrikan adalah Es Selendang Mayang. Jika dilihat dari namanya, kuliner ini sangatlah unik. Konon katanya nama tersebut diambil dari warna isiannya yang warna warni seperti “selendang ala betawi” dan manisnya gula dan kuah santan yang mengarah ke “mayang”. Semenjak minuman yang lebih modern hadir, sudah jarang sekali ada yang menjual kuliner tradisional ini. Jadi, jika anda menemukannya di jalan, harus banget deh mencobanya.

Sekoteng

Selain tahwa, ada juga kuliner jadul berkuah yang menghangatkan yaitu sekoteng. Bukan hanya membuat hangat saja, isiannya juga membuat perut kenyang lho. Ada kacang tanah, kacang kedelai, pacar cina, dan potongan roti. Selain itu sekoteng juga memiliki khasiat yang baik untuk lambung dan usus. Umumnya kuliner ini dijual keliling di malam hari. Walaupun terkenal di Jawa Tengah, ternyata sekoteng berasal dari Tionghoa juga seperti tahwa.

Angsle Ronde

Anglse dan ronde adalah satu kesatuan dari kuliner jadul berkuah yang sangat legendaris. Kuliner yang sering disebut wedang ini juga sering ditemukan di malam hari. Bau harumnya yang sangat khas itu lho yang menjadi ciri khas dari keduanya. Jika musim hujan tiba, kuliner ini sangat cocok untuk di nikmati. Bagi yang tidak suka dengan kuah kental, anda bisa memilih ronde. Sedangkan yang suka dengan isian yang lebih bervariasi, anda bisa memesan ronde.…

Nasi Khas Nusantara dengan Rasa Autentik

Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas nya masing masing. Nasi adalah salah satu kuliner wajib yang sulit untuk dilewatkan. Sejak dulu hingga sekarang, sudah ada banyak nasi khas nusantara  yang memiliki rasa autentik. Mungkin anda sudah sangat familiar dengan kuliner sego sambel atau nasi sambal khas kota Surabaya. Yup kuliner ini sangatlah nendang karena sambalnya yang pedas. Namun nasi, lauk, dan sambal masih berasa kurang kan? Ada lagi lho yang lainnya dengan isian yang beragam. Coba lihat deh dibawah ini.

Nasi Pecel

Bagi yang berada di Jawa Timur, pasti anda suka menyantap kuliner nasi pecel. Walaupun asal usulnya belum begitu jelas berasal dari mana, namun yang dari Jawa Timur adalah salah satu yang khas. Sebenarnya isiannya tidak terlalu istimewa yaitu aneka sayuran yang direbus. Tapi entah mengapa rasanya itu unik. Mungkin dari bumbu sambal kacangnya. Yang membuatnya semakin sedap lagi adalah peyek kacang atau udang. Yummy deh pokoknya nasi lezat yang khas ini. Apalagi jika dijadikan sebagi kuliner pagi.

Nasi Boran

Masih di Jawa Timur, nasi khas yang selanjutnya lebih spesifik lagi yaitu berasal dari kota Lamongan. Dari namanya memang terdengar unik terutama bagi yang bukan berasal dari Lamongan. Memang begitu adanya karena kata boran ini diambil dari boranan atau tempat nasi yang digendong menggunakan selendang. Kebayang betapa tradisionalnya kan?Belum banyak orang dari luar kota yang mengenal kuliner nasi khas ini. Jika ada kesempatan mengunjungi kota Malang, jangan sampai melewatkan makanan ini. Sekilas tampilannya seperti nasi pecel, namun pilihan lauknya lebih bervariasi dengan ciri khas urapan dari parutan kelapa dan lumuran bumbu kuah berwarna oranye.

Nasi Bhuk

Berpindah lagi ke kota Malang, ada nasi khas yang sangat terkenal yaitu Nasi Bhuk. Nasi ini sangatlah unik. Pasalnya, Nasi Bhuk yang sering diberi embel embel Madura justru tidak ditemukan di kota nya. Ternyata kuliner ini sudah menjadi bagian dari perkulineran di Malang. Mungkin karena dulunya kuliner ini dijajakan oleh orang asal Madura yang menetap di Malang. Jika dilihat dari komposisinya, nasi ini terlihat seperti nasi campur. Aneka lauk sepertiayam,  babat, empal, kikil, dan sate daging menjadi ciri khas nasi ini. Bukan hanya itu saja lho, ada juga pilihan sayur atau dalam Bahasa Jawanya jangan seperti lodeh. Dijamin piring anda penuh dengan.

Nasi Gudeg

Berlibur ke Jogja memang diinginkan oleh banyak orang. Dengan kearifan lokalnya dan keramahan masyarakatnya, atmosphere nya sangat berbeda jika sedang berada di kota ini. Bukan hanya itu saja, kuliner nya itu lho sangat khas. Nasi Gudeg adalah nasi khas Jogja yang terkenal di seluruh Indonesia. Siapa sih yang tidak mengetahui nasi enak legendaris ini? Berbeda dengan kuliner lain yang kuat dalam rasa asin atau pedasnya, Nasi Gudeg ini cocok bagi yang menyukai masakan manis. Dengan ciiri khas nangka muda, biasa kuliner ini disajikan dengan kuah kuah kental, sambal goreng krecek, telur, ayam kampung, dan sambal.

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang adalah pilihan terakhir untuk nasi khas yang patut untuk dicoba. Cirebon adalah kota dimana kuliner ini berasal. Penggunaan daun jati sebagai bungkus nasinya menjadi ciri khas Nasi Jamblang. Inilah yang membuat nasinya tetap pulen dan tidak cepat basi. Penyajiannya pun juga unik yaitu prasmanan. Jadi anda bisa mengambil lauk sesuai keinginan mulai dari tempe, pepes, sate telur puyuh hingga daging dan tetelan. Tapi siap saiap menghabiskna banyak nasi ya, soalnya ukuran nasinya tidak terlalu besar.…

Kuliner Pagi Penggugah Selera Sarapan Anda

Sebelum memulai aktivitas, menyantap sarapan memang menjadi suatu kebiasaan. Keroncongan saat di kantor sangat mengganggu kan? Jadi, sesibuk apapun, disarankan untuk mengisi perut dulu. Pasti anda sudah memiliki kuliner pagi andalan kan? Menyantap roti selai sudah sangat biasa dan membosankan. Coba deh kuliner lain yang pas untuk pagi hari. Artikel ini akan memberikan beberapa pilihan yang sangat mantap untuk sarapan.

Nasi Uduk

Kuliner nusantara memang sangat beragam. Nasi uduk adalah salah satu contoh kuliner yang sering disantap di pagi hari. Walaupun hanya nasi yang diaron dan dikukus dengan santan, bumbunya itu yang menjadikan rasanya sangat khas. Kayu manis, jahe, pala, serai, dan merica adalah rempah rempah yang digunakan. Bukan hanya rasa gurihnya yang membuat banyak orang terpincut, namun karena harga yang terjangkau.

Nasi Kuning

Masih berbau bau dengan nasi, nasi kuning sangat identik dengan menu sarapan. Jika sebelumnya nasi uduk berbumbu rempah rempah, nasi kuning pun juga sama. Namun perbedaan yang sangat mencolok adalah warnanya. Sesuai namanya, warna kuning yang didapatkan adalah berasal dari kunyit. Pasti sangat sering menemukan gerobak pinggir jalan yang menjajakan kuliner enak pagi hari ini. Kenikmatannya pun meningkat ketika ditambah dengan pelengkapnya seperti bihun, sayuran, dan beraneka ragam lauk seperti, ayam, telor bali, dan perkedel.

Bubur Ayam

Apalagi yang muncul di benak anda ketika berbicara tentang kuliner yang pas untuk pagi hari? Yup, bubur ayam pasti masuk ke dalam list dong. Entah itu yang dijajakan di pinggir jalan atau yang keliling, kuliner ini selalu muncul di pagi hari. Dengan tekstur yang lembut dengan sedikit air, bubur ayam sangat nikmat. Toppingnya pun juga sangat beragam bukan hanya ayam saja tetapi tongcai, seledri, cakue, dan kacang kedelai. Namun biasanya terdapat banyak pilihan sate jerohan termasuk sate usus dan sate ati rempela.

Bubur Kacang Hijau

Masih saudaraan dengan bubur ayam, bubur kacang hijau bisa menjadi alternatif kuliner pagi anda. Makanan khas nusantara yang terbuat dari kacang hijau ini tidak hanya membuat kenyang saja tetapi memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Tidak hanya untuk anak-anak saja ya, kuliner ini juga digemari segala umur termasuk lansia apalagi dengan cuaca yang sedang dingin.…

Kuliner Pedas Jawa Timur Andalan bikin Berkeringat

Meskipun lidah terasa seperti tersengat, namun menikmati kuliner pedas sudah menjadi kebiasaan masyarakat Jawa Timur. Pasalnya rasa yang pedas benar-benar membangkitakan selera makan. Apalagi dengan sensasi berkeringat atau Bahasa Jawa nya “gobyos”, tidak ada deh yang bisa menolak kuliner pedas Jawa Timur, kecuali yang memiliki masalah dengan perut. Ada banyak menu andalan lho yang bisa membuat anda kepincut. Apakah sudah terfikir di benak anda apa saja sih yang ikonik? Yuk kita telusuri satu satu.

Sego Sambel

Sego Sambel atau nasi sambal adalah kuliner yang sangat terkenal di kota Surabaya. Jika anda minta rekomendasi kuliner yang enak dan pedas, pasti Sego Sambel masuk ke dalam list. Siraman sambal yang tumpeh tumpeh dan menutupi sebagian lauk dan nasi adalah ciri khas dari kuliner pedas Jawa Timur ini. Tidak sedikit warung yang menjajakannya di Surabaya. Mungkin anda pernah mendengar beberapa nama terkenal seperti Sego Sambel Mak Yeye. Disini anda bisa memuaskan hasrat berkulineran pedas di malam hari. Meskipun tempatnya kecil, tetapi selalu rame lho warungnya.

Mie Setan

Tidak jauh dari Surabaya, anda juga bisa menemukan kuliner pedas Jawa Timur di kota Malang. Jika sebelumnya adalah menu nasi, kini anda diajak untuk menikmati mie pedas yang bikin nagih. Bagi pecinta mie pedas, Mie Setan adalah kuliner Malang yang sangat direkomendasikan. Tetap mempertahankan kualitas rasa dan bahan baku adalah alasannya. Mie yang diberikan ke pembeli di produksi sendiri lho, jadi tidak usah takut atau khawatir. Bukan hanya cocok untuk anak sekolahan atau kuliahan saja, banyak juga kok para karyawan atau pekerja yang memburu kuliner ini.

Ceker Pedas

Bagian ayam yang satu ini sangat digemari banyak orang di Jawa Timur. Meskipun lebih cocok dijadikan camilan, namun sangat sempurna jika dipadukan dengan nasi putih hangat. Apalagi dengan rasa pedas yang bikin bibir jontor, duh g bisa nolak deh. Meskipun demikian, kenyataannya orang-orang tidak kapok untuk mengkonsumsinya. Justru mereka semakin ketagihan untuk memakannya lagi dan lagi. Di dukung lagi dengan harganya yang sangat terjangkau. Perfecto!

Nasi Bebek

Apa lagi kuliner yang pedas di Jawa Timur? Nasi bebek nampaknya juga cocok untuk anda. Jika dilihat dari penampakannya, nasi bebek bisa dikategorikan sebagai lalapan atau penyetan. Isinya sangat minimalis yaitu bebek goreng, nasi hangat, bumbu kuning khas, dan sambal merah. Tetapi entah mengapa banyak sekali orang yang menggandrunginya. Mungkin bumbu khas yang meresap ke dalam daging bebek lah yang menjadi alasan. Apalagi jika tidak alot alias mudah digigit. Dijamin deh seporsi saja masih kurang.

Pentol Pedas

Setelah kenyang menyantap makanan berat, ada juga lho camilan yang rasanya bisa bikin lidah kepanasan. Dengan bentuk bulat, pentol pedas bisa menjadi rekomendasi kuliner enak Jawa Timur yang sangat ekonomis. Berbeda dengan cilok dari Bandung yang memiliki komposisi tepung  yang lebih dominan, pentol lebih berasa dari segi dagingnya. Tapi pentol saja kurang menggoda kan? Warna merah dari cabe yang sudah dihaluskan dan dicampur ke pentol lebih menggiurkan. Sudah banyak pedagang kaki lima atau keliling yang menjajakan kuliner pedas Jawa Timur ini.…

Menu Diet Murah dan Lezat untuk Disantap

Diet memang identik dengan makanan yang hambar dan kurang menggiurkan. Namun sebenarnya anda tidak harus menghindari bahan baku yang mengandung karbohidrat dan gula secara extreme. Tubuh anda masih membutuhkan nya lho. Hanya dengan menyeimbangkan jumlah yang masuk kedalam tubuh, anda bisa terhindar dari penyakit maupun kegemukan. Banyak lho menu diet murah dan lezat untuk disantap. Tak usah parno atau paranoid ya dalam mengkonsumsi makanan. Anda bahkan bisa membuatnya dari bahan bahan yang ekonomis seperti dibawah ini.

Pie Buah

Dari buah, banyak sekali ide untuk menu diet murah. Mungkin anda pernah terfikir untuk membuat buah menjadi lebih menggiurkan. Yup, pie buah adalah salah satu yang bisa anda coba di rumah. Camilan olahan buah ini sangat cocok bagi yang menginginkan rasa yang berbeda. Sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan pie pada umumnya. Tetapi topping yang biasanya hanya menggunakan susu kental manis, bisa anda ganti dengan krim rendah lemak dan buah tentunya. Tak perlu menggunakan buah yang mahal karena bisa disesuaikan dengan selera anda.

Pepes Tahu Tempe

Makanan tradisional memang banyak yang terkenal akan sehatnya. Pasalnya dulu kala yang digunakan adalah bahan baku yang sederhana bahkan yang tersedia disekitar kita seperti sayuran. Pepes adalah menu diet murah selanjutnya yang cocok untuk anda. Jika pada umumnya yang sering digunakan adalah ikan, anda bisa menggantinya dengan tahu tempe. Tinggal meracik bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan dihaluskan. Setelah itu siapkan daun pisang dan kukus pepesan selama 20 menit.

Ikan Bakar

Ikan bakar merupakan menu mudah untuk diet selanjutnya yang sangat nikmat. Seperti yang kita tahu, kulineran bakaran lebih sehat dibandingkan dengan yang digoreng. Tidak hanya satu macam ikan saja lho yang cocok untuk dibakar. Bahkan hampir semuanya bisa seperti gurame, bandeng, nila, dan lele. Ikan bakar madu dan ikan bakar kecap adalah contoh yang bisa anda coba.

Urap

Pindah ke menu diet murah selanjutnya, urap juga mantap untuk disantap.  Sama dengan buah, sayuran sangat mudah di dapatkan dari pasar tradisional hingga pasar modern. Bagi yang mengeluhkan rasa dari sayuran yang hambar, coba deh dibikin urap urap. Bahan baku yang harus anda siapkan adalah parutan kelapa yang masih segar, bawang putih, bawang merah, dan cabai. Bukan hanya itu saja, biasanya ditambahkan dengan gula jawa dan asam jawa. Bahan bakunya sangat mudah didapatkan seperti kangkung, bayam, kacang panjang, dan tauge. Semua sayuran tersebut bisa anda kukus atau rebus sesuai selera. Menu murah diet ini kemudian bisa anda campur ke dalam wadah dan dihidangkan.…