Kuliner Pagi Penggugah Selera Sarapan Anda

Sebelum memulai aktivitas, menyantap sarapan memang menjadi suatu kebiasaan. Keroncongan saat di kantor sangat mengganggu kan? Jadi, sesibuk apapun, disarankan untuk mengisi perut dulu. Pasti anda sudah memiliki kuliner pagi andalan kan? Menyantap roti selai sudah sangat biasa dan membosankan. Coba deh kuliner lain yang pas untuk pagi hari. Artikel ini akan memberikan beberapa pilihan yang sangat mantap untuk sarapan.

Nasi Uduk

Kuliner nusantara memang sangat beragam. Nasi uduk adalah salah satu contoh kuliner yang sering disantap di pagi hari. Walaupun hanya nasi yang diaron dan dikukus dengan santan, bumbunya itu yang menjadikan rasanya sangat khas. Kayu manis, jahe, pala, serai, dan merica adalah rempah rempah yang digunakan. Bukan hanya rasa gurihnya yang membuat banyak orang terpincut, namun karena harga yang terjangkau.

Nasi Kuning

Masih berbau bau dengan nasi, nasi kuning sangat identik dengan menu sarapan. Jika sebelumnya nasi uduk berbumbu rempah rempah, nasi kuning pun juga sama. Namun perbedaan yang sangat mencolok adalah warnanya. Sesuai namanya, warna kuning yang didapatkan adalah berasal dari kunyit. Pasti sangat sering menemukan gerobak pinggir jalan yang menjajakan kuliner enak pagi hari ini. Kenikmatannya pun meningkat ketika ditambah dengan pelengkapnya seperti bihun, sayuran, dan beraneka ragam lauk seperti, ayam, telor bali, dan perkedel.

Bubur Ayam

Apalagi yang muncul di benak anda ketika berbicara tentang kuliner yang pas untuk pagi hari? Yup, bubur ayam pasti masuk ke dalam list dong. Entah itu yang dijajakan di pinggir jalan atau yang keliling, kuliner ini selalu muncul di pagi hari. Dengan tekstur yang lembut dengan sedikit air, bubur ayam sangat nikmat. Toppingnya pun juga sangat beragam bukan hanya ayam saja tetapi tongcai, seledri, cakue, dan kacang kedelai. Namun biasanya terdapat banyak pilihan sate jerohan termasuk sate usus dan sate ati rempela.

Bubur Kacang Hijau

Masih saudaraan dengan bubur ayam, bubur kacang hijau bisa menjadi alternatif kuliner pagi anda. Makanan khas nusantara yang terbuat dari kacang hijau ini tidak hanya membuat kenyang saja tetapi memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Tidak hanya untuk anak-anak saja ya, kuliner ini juga digemari segala umur termasuk lansia apalagi dengan cuaca yang sedang dingin.…

Kuliner Pedas Jawa Timur Andalan bikin Berkeringat

Meskipun lidah terasa seperti tersengat, namun menikmati kuliner pedas sudah menjadi kebiasaan masyarakat Jawa Timur. Pasalnya rasa yang pedas benar-benar membangkitakan selera makan. Apalagi dengan sensasi berkeringat atau Bahasa Jawa nya “gobyos”, tidak ada deh yang bisa menolak kuliner pedas Jawa Timur, kecuali yang memiliki masalah dengan perut. Ada banyak menu andalan lho yang bisa membuat anda kepincut. Apakah sudah terfikir di benak anda apa saja sih yang ikonik? Yuk kita telusuri satu satu.

Sego Sambel

Sego Sambel atau nasi sambal adalah kuliner yang sangat terkenal di kota Surabaya. Jika anda minta rekomendasi kuliner yang enak dan pedas, pasti Sego Sambel masuk ke dalam list. Siraman sambal yang tumpeh tumpeh dan menutupi sebagian lauk dan nasi adalah ciri khas dari kuliner pedas Jawa Timur ini. Tidak sedikit warung yang menjajakannya di Surabaya. Mungkin anda pernah mendengar beberapa nama terkenal seperti Sego Sambel Mak Yeye. Disini anda bisa memuaskan hasrat berkulineran pedas di malam hari. Meskipun tempatnya kecil, tetapi selalu rame lho warungnya.

Mie Setan

Tidak jauh dari Surabaya, anda juga bisa menemukan kuliner pedas Jawa Timur di kota Malang. Jika sebelumnya adalah menu nasi, kini anda diajak untuk menikmati mie pedas yang bikin nagih. Bagi pecinta mie pedas, Mie Setan adalah kuliner Malang yang sangat direkomendasikan. Tetap mempertahankan kualitas rasa dan bahan baku adalah alasannya. Mie yang diberikan ke pembeli di produksi sendiri lho, jadi tidak usah takut atau khawatir. Bukan hanya cocok untuk anak sekolahan atau kuliahan saja, banyak juga kok para karyawan atau pekerja yang memburu kuliner ini.

Ceker Pedas

Bagian ayam yang satu ini sangat digemari banyak orang di Jawa Timur. Meskipun lebih cocok dijadikan camilan, namun sangat sempurna jika dipadukan dengan nasi putih hangat. Apalagi dengan rasa pedas yang bikin bibir jontor, duh g bisa nolak deh. Meskipun demikian, kenyataannya orang-orang tidak kapok untuk mengkonsumsinya. Justru mereka semakin ketagihan untuk memakannya lagi dan lagi. Di dukung lagi dengan harganya yang sangat terjangkau. Perfecto!

Nasi Bebek

Apa lagi kuliner yang pedas di Jawa Timur? Nasi bebek nampaknya juga cocok untuk anda. Jika dilihat dari penampakannya, nasi bebek bisa dikategorikan sebagai lalapan atau penyetan. Isinya sangat minimalis yaitu bebek goreng, nasi hangat, bumbu kuning khas, dan sambal merah. Tetapi entah mengapa banyak sekali orang yang menggandrunginya. Mungkin bumbu khas yang meresap ke dalam daging bebek lah yang menjadi alasan. Apalagi jika tidak alot alias mudah digigit. Dijamin deh seporsi saja masih kurang.

Pentol Pedas

Setelah kenyang menyantap makanan berat, ada juga lho camilan yang rasanya bisa bikin lidah kepanasan. Dengan bentuk bulat, pentol pedas bisa menjadi rekomendasi kuliner enak Jawa Timur yang sangat ekonomis. Berbeda dengan cilok dari Bandung yang memiliki komposisi tepung  yang lebih dominan, pentol lebih berasa dari segi dagingnya. Tapi pentol saja kurang menggoda kan? Warna merah dari cabe yang sudah dihaluskan dan dicampur ke pentol lebih menggiurkan. Sudah banyak pedagang kaki lima atau keliling yang menjajakan kuliner pedas Jawa Timur ini.…

Kuliner Daging Enak yang Menggoyang Lidah

Masyarakat Indonesia memang sudah tidak asing lagi dengan kuliner daging enak. Banyak sekali kuliner favorit daging di berbagai kota. Apakah anda adalah salah satu pecinta kuliner ini? Walaupun mengandung banyak kolesterol, anda tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya ada beberapa cara untuk menetralisirnya seperti menyantapnya jarang jarang atau mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa menurunkan kolesterol. Kini menikmati kuliner daging enak tak perlu menunggu acara khusus atau istimewa saja. Dari warung sederhana hingga restoran, anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Berikut adalah beberapa contoh olahan daging enak yang bisa dijadikan referensi.

Sate Buntel

Dimulai dari yang dibakar, sate adalah kuliner daging yang sudah sangat melegenda. Sadar atau tidak, kuliner kaki lima ini sangatlah unik. Mengapa demikian? Sang penjual yang berteriak “sate” sangatlah menarik perhatian. Pengucapannya pun juga berbeda tiap orangnya. Jika berbicara tentang variannya, sate ayam dan sate kambing menjadi pilihan yang sangat umum. Padahal sebenarnya masih banyak lagi macam-macamnya seperti sate buntel. Bagi yang ingin merasakan sensasi yang berbeda dalam menikmati sate, sangat disarankan untuk mencoba sate buntel. Penyajiannya lebih unik karena diolah dari daging kambing cincang dan dibungkus menggunakan lemak kambing. Dijamin menggoyang lidah deh ketika dinikmati selagi hangat.

Iga Bakar

Masih dengan kuliner bakaran, iga bakar sangat sayang untuk dilewatkan. Salah satu bagian dari sapi ini sudah menjadi favorit banyak orang. Apalagi bila sudah diolah menjadi menu bakaran. Tidak jarang jika restoran yang menawarkan kuliner daging enak ini dipenuhi pembeli. Bukan hanya dari rasanya yang lezat dengan kuah segar dan sambal, tetapi ada alasan lainnya. Sensasi menyantapnya itu lho yang bikin keringat bercucuran.

Rawon

Beralih ke kuliner daging enak berkuah, rawon bisa dijadikan pilhan yang tepat. Dengan ciri khasnya tersendiri yang dapat dilihat dari kuahnya, rawon sangat menggiurkan. Kuliner khas Jawa Timur ini menawarkan bumbu yang unik yaitu kluwek. Inilah yang membuatnya berwarna hitam. Tidak kalah menggiurkannya lagi ketika potongan daging sapi memiliki tekstur yang lembut ketika digigit. Beuh, sudah kebayang kan betapa nikmatnya?

Gulai Kambing

Kaya akan rempah, gulai kambing menjadi santapan selanjutnya untuk kuliner daging enak. Daging kambing memang terkenal dengan baunya yang khas yang tidak terlalu disukai orang. Tetapi jika mengolahnya dengan cara yang benar, konon katanya sih dagingnya tidak akan berbau. Jadi, tidak setiap warung atau resto yang anda temui menawarkan gulai yang tidak berbau kambing. Bukan soal aroma saja, ketika anda ingin menyantap kuliner ini, pastikan dagingnya juicy dan empuk supaya tidak kuwalahan menghabiskannya. Ada satu fakta unik yaitu dari sisi kuahnya. Bukan hanya berwarna kuning saja lho, namun ada yang merah bahkan kuning pucat seperti opor.

Coto Makassar

Makanan tradisional Makassar yang satu ini bisa menjadi santapan nikmat kapan saja. Memiliki komposisi isian daging, jerohan dan kuah, coto Makassar sangat pas dinikmati di pagi hari hingga malam hari. Apalagi jika udara sedang dingin dinginya. Menyantap hangatnya kuah yang kaya akan rempah langsung membuat badan hangat. Tidak perlu jauh-jauh ke Sulawesi untuk menikmati kelezatan coto ini. Sudah banyak tempat yang menawarkannya bahkan yang buka selama 24 jam.

Sop Konro

Jika sebelumnya sudah membahas kuliner daging enak iga bakar , ada juga yang versi berkuah yaitu sop konro. Kuliner yang satu ini juga berasal dari Makassar lho. Kuahnya memiliki warna coklat kehitaman yang apabila dilihat dari jauh tampak seperti kuah rawon. Untuk menyantapnya, biasanya ditambahkan burasa atau jika di Jawa adalah ketupat yang dipotong potong. Seperti kuliner yang sudah dibahas, sop konro ini resepnya juga diburu oleh banyak orang di kota lain.

Tengkleng

Tengkleng menjadi pilihan terkahir untuk kuliner daging. Bagi yang ingin merasakan sensasi unik saat menyantap olahan daging, tengkleng menjadi sangat direkomendasikan. Meskipun sajian ini memfokuskan ke tulang kambing dan tetelan, namun ada dagingnya juga kok. Memasaknya pun juga tidak sembarangan yaitu memakan waktu yang cukup lama. Tetapi inilah kunci dari kelembutan dagingnya. Kuliner ini ternyata memiliki kesamaan dengan rawon yaitu menggunakan rempah rempah termasuk kluwek.…

Kuliner Kaki Lima yang Selalu Dicari Banyak Orang

Menikmati makanan di restoran mahal memang terlihat mewah, namun apakah rasanya selalu sesuai dengan selera anda? Belum tentu kan? Dalam menyantap kuliner sebenarnya tidak perlu memikirkan prestige. Tempat bukanlah satu-satunya indikasi untuk mendapatkan makanan enak. Kuliner kaki lima misalnya, meskipun dijual dipinggir jalan, tetapi rasa yang ditawarkan tidak kalah dengan resto kelas atas. Anda pasti sudah memiliki kuliner favorit kaki lima kan? Dengan harga yang relatif terjangkau, perut dan lidah anda sudah bisa terpuaskan.

Nasi Goreng

Pada dasarnya, nasi goreng memiliki komposisi yang sangat sederhana. Bagaimana tidak, kuliner ini hanya terdiri dari nasi yang digoreng dan di campur dengan bumbu seperti bawang putih dan garam. Namun rasa nya itu lho tidak ada tandingannya. Bahkan hanya mencium baunnya saja bisa membuat kita lapar. Tidak heran kalau kuliner kaki lima ini digandrungi banyak orang termasuk turis mancanegara. Banyak dari mereka yang jatuh cinta dengan rasa nikmat nasi goreng. Seiring berjalannya waktu, pelengkap nasi goreng bukan hanya telur dan ayam goreng saja. Ada banyak sekali variasi – variasi baru dan rasa nya juga semakin beragam seperti nasi goreng seafood, nasi goreng merah, hingga nasi goreng hot plate.

Pangsit Mie & Bakso

Apalagi nih kuliner kaki lima yang sering anda jumpai di jalan? Pangsit mie & bakso berada di urutan kedua setelah nasi goreng. Menyantap mie terasa sangat kurang kan jika tidak ada pelengkapnya? Pangsit dan bakso adalah dua pendamping yang sangat khas. Coba bayangkan betapa renyahnya pangsit dan lezatnya bakso. Namun semakin hari, semakin banyak saja inovasinya seperti telur puyuh dan ceker. Beuh nikmat banget deh pokoknya dengan harga yang masih terjangkau.

Sate

Sate merupakan kuliner kaki lima yang selalu menjadi idola khususnya di malam hari. Potongan daging yang ditusuk kemudian dibakar ini memiliki rasa yang gurih. Apalagi saat dilumuri dengan saos kacang yang khas, semakin sedap saja. Bukan hanya sate ayam yang bisa anda nikmati karena masih ada sate kambing. Untuk yang lebih modern seperti sate taichan, kini anda juga bisa mendapatkannya di pinggir jalan. Sudah ada banyak pedagang sate kaki lima yang menawarkan sate taichan. Jadi, tidak usah bingung lagi deh jika ingin mengajak teman yang memiliki sate favorit yang berbeda.

Tahu Tek

Bagi penggemar sajian lontong, pasti tahu tek menjadi salah satu kuliner kaki lima favorit. Di Indonesia sebenarnya banyak sekali variasi menu lontong dengan nama yang berbeda di tiap kota. Tahu tek ini adalah salah satu yang sangat khas. Dari namanya memang terdengar unik yaitu tek tek. Konon katanya sebutan ini berasal dari suara saat menggunting tahu. Kemudian tercetuslah kuliner ala kaki lima ini. Keuinikan rasa dari saus petis semakin menggoyang lidah ketika disantap hangat hangat. Apalagi dengan porsi yang banyak dan tentunya mengenyangkan.

Martabak & Terang Bulan

Setelah sebelumnya membahas tentang kuliner sebagai menu utama, sekarang giliran yang biasanya menjadi camilan. Siapa yang tidak suka dengan martabak dan terang bulan? Walaupun memiliki dua rasa yang bertolak belakang, namun kedua kuiner kaki lima ini tidak bisa dipisahkan. Team manakah anda? Asin atau manis? Dua-dua nya sangatlah menggoda apalagi dengan isian atau topping yang sesuai dengan keinginan kita.

Roti Bakar

Untuk kuliner kaki lima yang terakhir, roti bakar menjadi andalan yang selalu dicari banyak orang. Roti memang mengandung karbohidrat seperti nasi. Tetapi orang Indonesia memang unik, apa saja bisa menjadi camilan seperti roti bakar ini. Jika anda melintasi jalanan di malam hari, pasti anda menjumpai banyak gerobak yang menjajakan kuliner ini. Dengan harga yang sangat terjangkau, anda sudah bisa menikmati roti rasa rasa bertopping yang ukurannya lumayan besar.…

Kuliner Harga Terjangkau yang Selalu Menggiurkan

Dunia kuliner memang selalu berubah mengikuti pekembangan zaman. Jika sekarang ini sedang marak kuliner masa kini, masih ada lagi yang lebih menggiurkan. Yup, harga yang murah bisa menjadi kebahagiaan bagi para food lovers. Kuliner harga terjangkau memang tidak kalah pamornya dengan makanan yang hanya hits saja. Meskipun anda harus menyantapnya dipinggir jalan, tetapi itu tidak mengurangi kenikmatan. Justru, sensasi itulah yang membuat kuliner enak dengan harga terjangkau tidak ditinggalkan pelanggannya.

Bakso

Olahan daging yang dibentuk bulat ini menjadi makanan murah yang disukai oleh banyak orang. Dari anak kecil hingga orang dewasa, pasti gemar untuk menikmati bakso. Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak basko terkenal seperti Bakso Malang. Kini menikmati bakso tidak hanya begitu saja namun sudah ada banyak tempat yang menyuguhkan kuliner bakso dengan cara yang lebih modern. Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan inovasi baru seperti bakso keju, bakso kotak, atau bahkan yang berbentuk lebih unik lagi seperti barbel.

Tahu Gejrot

Berpindah ke kuliner harga terjangkau selanjutnya, tahu gejrot juga bisa dimasukan ke dalam list. Bukan hanya orang Cirebon saja yang dapat merasakan sedapnya tahu gejrot tetapi di berbagai kota di Indonesia. Walaupun komposisinya sangat sederhana yaitu hanya berupa potongan tahu goreng, namun kuah nya itu lho yang bikin unik. Pasalnya semua bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan cabe tidak dimasak alias mentah. Kemudian bumbu tersebut diuleg menggunakan cobek tidak lupa dicampur dengan gula merah. Inilah seni dari meracik tahu gejrot yang selalu membuat mata terpana. Tingkat kepedasanya sesuai dengan keinginan karena bisa request.

Batagor & Siomay

Batagor dan Siomay memang dua makanan yang berbeda. Namun dua duanya terkenal berasal dari Bandung. Tak heran jika banyak penduduk asli yang berjualan di luar Jawa Barat. Pasti anda pernah menjumpai pedagang yang sangat medhok bahasa Sunda nya. Yup inilah keunikan kuliner di Indonesia. Meskipun beragam namun masih bisa dinikmati banyak orang di seluruh wilayah, seperti batagor dan siomay ini. Kuliner harga terjangkau khas kaki lima ini sudah menjadi favorit semua orang. Berbeda dengan batagor yang terbuat dari adonan berwarna putih yang ditutup dengan kulit pangsit, siomay memiliki isian yang lebih beragam. Ada pelengkap lainnya seperti sayur kol, pare, kentang, tahu, dan telor. Semuanya akan berpadu serasi dengan nikmatnya bumbu kacang.

Mie Pedas

Untuk kuliner harga terjangkau yang selanjutnya, mie pedas juga masuk ke dalam rekomendasi. Mungkin anda sudah pernah mendengar kuliner mie instant dengan jumlah cabai yang bikin melongo. Meskipun sangat hits, namun masih berasa kurang bagi pecinta makanan pedas. Ada pilihan lain yang isiannya lebih bervariasi yaitu mie pedas. Yang berada di area Jawa Timur, anda pasti sudah familiar dengan kehadiran Kober Mie Setan. Ini adalah pelopor mie pedas di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2010.

Ada banyak pilihan mie dengan tingkat pedas yang berbeda untuk dicoba. Namanya unik-unik lho seperti Mie Angel, Mie Iblis, dan Mie Setan. Bukan hanya itu saja, masih ada menu pelengkap yang nikmat seperti dimsum, sushi, ceker, udang rambutan, dan masih banyak yang lainnya. Bagi yang dikotanya belum ada Kober Mie Setannya, sempatkan diri yang ketika sedang ke Jawa Timur seperti Malang dan Surabaya.…

Kuliner Masa Kini yang Diburu Anak Muda

Sejak beberapa tahun ke belakang, sudah banyak kuliner yang menjadi hits. Mungkin anda masih ingat dengan keberadaan kue cubit ataupun yang lebih baru yaitu es kepal Milo. Namun apa yang terjadi sekarang? Dua macam kuliner ini sudah mulai terlupakan dan diganti dengan kuliner masa kini. Mungkin semakin banyak orang yang kreatif untuk memuaskan selera makan para pecinta kuliner. Apalagi anak muda yang suka jajan dan diupload di sosial media seperti Instagram. Mau tau apa saja sih yang menjadi kuliner andalan masa kini? Yuk simak beberapa rangkuman di bawah ini.

Sate Taichan

Meskipun memiliki bumbu yang lebih minimalis, namun faktanya sate taichan memiliki penggemar sendiri. Mungkin jika dilihat dari tampilannya kurang begitu menarik. Mungkin karena warnanya yang putih tidak seperti sate ayam atau kambing pada umumnya. Tetapi jika sudah menikmatinya, pasti akan terkejut dengan rasanya. Apalagi jika dipadukan dengan sambal cabe, perasan jeruk limau, dan garam, duh bikin ketagihan deh pokoknya. Pada umumnya ada dua pilihan yaitu sate full daging atau sate kulit. Dua duanya sangat haucek dengan harga sekitar Rp 20.000-an. Tak usah galau untuk mendapatkannya karena kuliner masa kini ini sudah tersedia di mana saja.

Pisang Nugget

Pisang Nugget juga menjadi kuliner yang sangat hits di kalangan anak muda jaman sekarang. Bagaimana tidak, banyak sekali gerai yang menjualnya bahkan anak Presiden pun juga tidak melewatkan peluang untuk berbisnis kuliner yang sedang populer ini. Inovasi dari pisang yang biasanya hanya dijus atau dijadikan isian kue, kini diolah lebih kreatif lagi menjadi nugget. Rasa renyahnya itu lho bikin nagih dengan berbagai pilihan topping. Ada banyak sekali pilihan rasa dan toppingnya seperti coklat, avocado, keju, kacang almond, dan masih banyak yang lainnya. Bagi yang ingin tidak terlalu kenyang, kuliner enak kekinian ini bisa dijadikan camilan sambil menyeruput teh hangat.

Sate Cumi Bakar

Sate cumi bakar ala Thailand memang sedang merajalela di sosial media. Tidak heran banyak pecinta kuliner yang akhirnya penasaran dan mencobanya. Siapa sih yang tidak suka dengan seafood yang satu ini? Dari tampilannya saja sudah sangat menggiurkan.  Dengan tekstur yang kenyal, rasa dari cumi semakin yahud ketika dibakar. Namun jangan khawatir ya, para penjual sudah memiliki trick khusus untuk membuat daging cuminya tidak alot ketika dikunyah. Bukan hanya daging cumi saja yang ditusuk tetapi ada isiannya juga lho seperti bakso dan sosis. Kuliner masa kini ini akan terasa lebih nikmat ketika dipadu dengan saus asam manis. Namun anda harus lebih berhati hati dalam memilih. Pastikan cumi yang dijajakan masih fresh dan tidak bau terlalu amis.

Seblak

Makanan Sunda yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan beraneka ragam isian juga menjadi kuliner masa kini. Meskipun seblak sudah tidak seterkenal tahun lalu, namun keberadaannya masih bisa ditemui dimana saja. Mungkin karena banyak yang memodifikasinya lebih kreatif yaitu dari segi toppingnya. Bukan hanya sosis atau bakso saja namun ada juga yang menawarkan seblak tulang dan seblak ceker. Selain itu, ada juga pilihan level pedanya juga. Pasti anda sudah mendengar beberapa nama terkenal yang menjual seblak dengan rasa yang sangat pedas seperti Seblak Jeletet. Kuahnya yang berwarna merah sudah pasti bikin ngiler deh.…